Thursday, 27 November 2014
Bangkit Tani » Majalahnya Para Pemulia Dunia Pertanian

Potensi dan Prospek Perkebunan Kelapa Sawit di Indonesia

Selasa, 1 September 2009, 16:52

ida-bagus-mayunTanaman kelapa sawit merupakan salah satu sumber minyak nabati yang pada saat ini menjadi komoditas pertanian utama dan unggulan di Indonesia.

Kelapa sawit adalah berkah bagi bangsa Indonesia, karena bertahun-tahun kelapa sawit mampu memainkan peranan yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia sebagai salah satu komoditas andalan dalam menghasilkan devisa. Perannya cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2008 total devisa yang dihasilkan dari industri ini mencapai sekitar US $ 5 miliar.

Pemerintah Indonesia telah mencadangkan 9,13 juta hektar untuk pengembangan perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Saat ini luas areal perkebunan kelapa sawit Indonesia sudah mencapai 6,7 juta hektar. Sejak tahun 2007, Indonesia telah menjadi negara penghasil CPO (Crude Palm Oil) tertinggi di dunia.

KONSUMSI CPO DAN DIVERSIFIKASINYA
Diperkirakan Indonesia akan menghasilkan 21,5 juta ton CPO pada tahun 2009, dengan perincian sekitar 16 juta ton di ekspor dan sisanya 5,5 juta diserap pasar dalam negeri dipergunakan untuk industri dalam negeri, seperti: minyak goreng, industri oleokimia, sabun dan margarine (shortening).

Di masa mendatang konsumsi CPO di dalam negeri akan terus meningkat dan mencapai lebih dari 6 juta ton pada tahun 2010. Prediksi komposisi industri pengguna CPO pada saat itu adalah industri minyak goreng (51%), industri margarine dan shortening (37%), oleochemical (8%), industri sabun mandi (3%) dan industri sabun cuci (1%).

PENGgEMBANGgAN INDUSTRI HILIR
Pengembangan bisnis industri yang menggunakan bahan baku CPO memiliki peluang sangat prospektif di Indonesia. Saat ini Indonesia baru sekitar 10 perusahaan oleochemical yang menggunakan sekitar 8% produksi CPO-nya. Salah satu industri yang berbasis CPO yang sangat potensial dimasa yang akan datang adalah Biodiesel.

Biodisel adalah masa depan kelapa sawit Indonesia dan juga akan menjadi masa depan Indonesia. Penggunaan biodiesel dari CPO (palm diesel) di negara- negara Uni Eropa, Amerika dan juga di beberapa negara Asia (Jepang dan Malaysia) sudah mulai populer. Beberapa nilai tambah dari penggunaan palm diesel, antara lain : tidak perlu dilakukan modifikasi mesin mobil, performance mesin menjadi lebih baik, emisi gas buang lebih ramah lingkungan, dll. Bagi Indonesia dengan semakin tingginya harga minyak dunia, cadangan minyak bumi yang semakin menipis, dan kebutuhan konsumsi yang semakin meningkat, maka palm diesel memiliki peran yang sangat penting sebagai energi alternatif sebagai “Renewable Natural Resources”.

Efek nyata dari pengembangan produk turunan CPO secara ekonomi akan meningkatkan daya saing dan nilai
tambah (margin) dari industri kelapa sawit Indonesia.

VISI & MISI Kelapa Sawit Indonesia
Untuk mempertahankan agar industri
kelapa sawit Indonesia tetap menjadi primadona dan berkah bagi bangsa dan rakyat Indonesia, maka visi dan misi perkelapasawitan nasional adalah sbb:

1. Memposisikan Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit sebagai salah satu pemain penting di tingkat regional dan internasional di bidang industri perkebunan.

2. Jangka Panjang menjadikan perkebunan kelapa sawit sebagai alternatif “Renewable Natural Resources” di bidang biodisel dan pelbagai industri oleochemical.

3. Membangun perkebunan kelapa sawit baru yang memiliki “Core Competency” yang tangguh di bidang industri perkebunan dan bersifat ramah lingkungan, dengan cara menjalin kerjasama yang erat dan positif dengan para stakeholder.

4. Menyediakan lapangan usaha dan pekerjaan seluas-luasnya bagi para sarjana, D3 maupun lulusan sekolah menengah pertanian dari pelbagai institusi/perguruan tinggi di seluruh Indonesia5. Meningkatkan kemampuan masyarakat pekebun sawit yang berdomisili di sekitar perkebunan inti dalam bidang kultur teknis dan bisnis perkebunan kelapa sawit.

Oleh :
Ida Bagus Mayun
Head of Sustainability Dept
PT. Indofood Plantation
E-mail : ib.mayun@yahoo.com

Anda dapat memberi komentar untuk artikel ini.

1 tanggapan untuk artikel “Potensi dan Prospek Perkebunan Kelapa Sawit di Indonesia”

  1. avatar

    roy menulis pada Rabu, 24 Maret 2010, 15:59

    salam hormat,

    saya roy , saya membutuhkan data perkembangan kelapa sawit di indinesia (Ha). Berapa skarangn luas sawit di indonesia..?

    best regards

Tulis Komentar Anda