Thursday, 18 December 2014
Bangkit Tani » Majalahnya Para Pemulia Dunia Pertanian
Di Sentul Bogor

Dibutuhkan Singkong 30 Ton / Hari

Sabtu, 10 Oktober 2009, 19:03

Terdapat lebih dari 10 pabrik pengolah tepung tapioka di  kawasan Sentul, Bogor. Hampir semua kesulitan karena kekurangan bahan baku.

tapioka-031Daerah Cipambuan dikenal sebagai pengolah tepung tapioka yang berbahan dasar singkong atau ubi kayu. Pabrik-pabrik yang telah berumur sekitar 15 tahunan masih kokoh memproduksi tepung tapioka. Umum­nya pabrik pengolah tepung ini dimiliki oleh perorangan. Salah satu pemilik pabrik tepung tapioka adalah Encep. Ia meneruskan usaha ini secara turun temurun.

Setiap harinya, pabrik pengolahan tepung tapioka ini menyedot tak kurang dari 30 ton tapioka-021singkong. Namun, akhir-akhir ini pasokan singkong menurun. Dalam satu hari, pasokan singkong paling tinggi sekitar 8 ton per hari. Singkong yang di­olah di sini hanya didatangkan dari daerah Jampang dan Surade Kabupaten Sukabumi saja. Para pemilik pabrik tepung tapioka berharap pasokan bahan baku lancar dan bisa dipasok dari berbagai daerah.

tapioka-05Jika masyarakat mau membudida­yakan singkong di lahan tidur yang sa­ngat luas di sekitar Jabotabek, masyarakat dapat meraup untung lumayan banyak karena mampu menghasilkan 80 ton / ha de­ngan harga Rp 700 ribu / ton pada umur tanam 10 bulan. Total bisa beromset Rp 56 juta / ha / 10 bulan. Pabrikpun bisa kembali sehat, perbankan bisa menambah modal dan tercipta lapangan kerja baru untuk mengurangi pengiriman TKI ke luar ne­geri. Tercipta rasa cinta pada   dunia pertanian di negeri pertanian ini. (Iwa)

PROFIL

Nama   : Encep

Alamat : Kampung Cipambuan Desa Cipambuan Kec. Babakan Madang - Bogor

HP        : 085710202059

Anda dapat memberi komentar untuk artikel ini.

4 tanggapan untuk artikel “Dibutuhkan Singkong 30 Ton / Hari”

  1. avatar

    irsyad razali menulis pada Selasa, 8 Desember 2009, 16:25

    Assalamualaikum w.w. Pak Encep perkenalkan nama saya irsyad razali, alamat desa Tanjong Beuridi, Kec. Peusangan Selatan, kabupaten Bireuen - Aceh. Saya punya lahan sekitar 5 Ha di desa milik pribadi, sekarang lahan tersebut telah dalam tahap akhir pembersihan. Pak Encep jika saya menanam Singkong apakah Bapak bersedia menampungnya dan harga nya seperti di kolom peluang usaha pada majalah Bangkit Tani?
    Itu saja yang pingin saya tanyakan sama Bpk semoga terbuka pintu untuk kita bermitra.
    Wassalam

    Irsyad Razali
    HP: 081269741174

  2. avatar

    Holden Daminsyahnur menulis pada Sabtu, 16 Januari 2010, 21:34

    Assalamualaikum w.w. Pak Encep perkenalkan nama saya Holden Daminsyahnuri, alamat Kuala Pembuang Kab. Seruyan KalimantanTengah. kami dari kelompok tani punya lahan sekitar 120 Ha di kabupaten milik pribadi,dan lahan tersebut masih kosong,. Pak Encep jika saya dan kelompok tani saya menanam Singkong apakah Bapak bersedia menampungnya dan harga nya seperti di kolom peluang usaha pada majalah Bangkit Tani?
    Itu saja yang pingin saya tanyakan sama Bpk semoga terbuka pintu untuk kita bermitra.
    Wassalam

  3. avatar

    supplier menulis pada Kamis, 6 Mei 2010, 18:03

    kami butuh pasokan kemiri kupas. kondisi bulat / tidak pecah.. kebutuhan kami + - 3 ton/ minggu.
    bagi supplier di daerah yang bisa memasok kemiri kejakarta silahkan hub kami di : agrosupplier@yahoo.com. pembayaran cash..!!

    terimakasih

  4. avatar

    surya menulis pada Sabtu, 12 Juni 2010, 21:40

    saya baru akan menggeluti pertanian ubi kayu tetapi saya belum mengetahui pemasaran ubi kayu tepatnya di medan sumatera utara…. terimakasih…

Tulis Komentar Anda