Tuesday, 21 October 2014
Bangkit Tani » Majalahnya Para Pemulia Dunia Pertanian
UD. Simas

Mendesain Peternakan Sapi Potong Terpadu

Selasa, 1 September 2009, 16:53

profil1Usaha yang dijalani oleh UD. Simas kian maju. Kini, UD. Simas mendesain peternakan multifungsi.

SIMAS adalah salah satu peternakan sapi potong di wilayah Pancor Batu, Sumut. Kandang yang dimiliki Simas awalnya hanya 1 kandang. Setelah permintaan sapi potong meningkat tajam, Simas mengembangkan usahanya dengan membangun kandang berjumlah 5 hingga 7 kandang yang dirancang dengan khusus. Perkembangan usaha sapi potong milik Simas berkembang pesat, permintaan daging semakin banyak, 1 hari 3 ekor sapi dipotong oleh Simas.

profil3Simas mendesain peternakan sapi begitu lengkap dan multifungsi. Simas memiliki kandang sapi yang mampu menampung 25-30 sapi, total sapi yang dimiliki simas 200 an ekor dalam satu kandang terintegrasi. Sedangkan untuk limbah kotoran sapi, Simas mengolahnya menjadi pupuk kandang dan biogas yang dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak setiap hari. Simas juga memiliki rumah potong. Di areal kurang lebih 4 ha, Simas mendesain peternakan menjadi kandang, pengolahan limbah, pengolahan biogas, rumah potong, dan kolam limbah. Di rumah potong, setiap hari Simas memotong 3-5 ekor sapi. Sapi yang dipotong Simas semuanya dimanfaatkan termasuk daging, kulit, darah, dan tulang.

profil4profil5Simas beranggapan bahwa dari sapi, semua bisa dimanfaatkan contohnya untuk biogas, yang digunakan dari kotoran sapi yang ditampung dalam tempat semacam tabung. Kotoran tersebut dicampur dengan molasis sebagai fermentasi dan disimpan dalam tabung. Untuk membuat biogas dibutuhkan 2 tabung dan 1 kotak pemasukan lalu 1 kotak penampungan air. Tabung disambungkan ke pipa yang terhubung dengan kompor di dapur. Menurut Simas 2 tabung biogas dapat digunakan untuk 2 rumah tangga.
Simas berharap banyak peternak sapi yang mengikuti jejaknya mendesain peternakan menjadi multifungsi dan tidak berbahaya bagi lingkungan. Kendala yang dialami Simas yaitu masalah pengembangan usaha karena membutuhkan modal yang besar sedangkan untuk peminjaman modal di bank tidak bisa maksimal. (Rizki | 085236252020)

PROFIL PEMILIK

Nama Usaha : UD. Simas
Nama Pemilik : Mamas
Alamat : Jl. Buntu, Pancor Batu  Sumatera Utara
HP : 08153098403

Anda dapat memberi komentar untuk artikel ini.

Tulis Komentar Anda